Cara Reset Konfigurasi Mikrotik

Terkadang ada saatnya kita perlu untuk melakukan reset konfigurasi mikrotik agar mikrotik dapat kembali ke keadaan semula. Hal seperti ini biasa dilakukan ketika kita lupa password mikrotik atau memang kita ingin melakukan setting ulang mikrotik tersebut. Ada beberapa cara untuk melakukan reset mikrotik yaitu:

1. Hard Reset : Merupakan cara untuk melakukan reset konfigurasi dengan cara paksa melalui hardware yang di sediakan oleh router board pada board atau tombol reset.
2. Soft Reset : Merupakan cara untuk melakukan reset konfigurasi melalui menu yang telah di sediakan pada Router OS Mikrotik.

Cara yang pertama yaitu Hard Reset
Hal ini dilakukan ketika kita benar-benar tidak dapat login ke mikrotik entah karena kita lupa password atau ketika ROS mengalami corrupt sehingga tidak bisa booting dengan sempurna. Terdapat dua cara untuk melakukan hard reset yaitu menggunakan jumper yang ada di board sebuah router board mikrotik. Biasanya untuk jumper board ini terdapat pada router board versi yang lama bentuknya seperti tapal kuda saling berhadapan. Cara nya sangat mudah kita bisa men jumper pada board sambil mencolokan kabel power mikrotik.

Pada router board versi baru tombol jumper ini telah di mudahkan dengan tombol reset pada casing RB. Sehingga kita tidak perlu membongkar casing untuk melakukan reset konfigurasi. Cara nya hampir sama denga jumper board. Hanya ketika kita menggunakan tombol reset ini caranya adalah tekan dan tahan tombol reset kemudian lepas kabel power dengan kondisi tombol masih tertahan tancapkan kembali kabel power. Tunggu sampai lampu indicator berkedip-kedip lalu lepaskan tombol reset mikrotik.

Dengan langkah diatas maka semua konfigurasi yang telah kita setting akan hilang dan kembali ke setting default factory. Untuk selanjutnya kita bisa login dengan user dan password default mikrotik yaitu user: admin dan password: blank.

Cara yang kedua yaitu Soft Reset
Cara ini digunakan ketika kita masih dapat login ke system mikrotik tetapi kita ingin melakukan reset konfigurasi. Caranya sangat mudah yaitu pilih menu system pada winbox


System -> Reset Configuration

Setelah kita memilih menu Reset Konfigurasi maka akan terbuka jendela baru

1. Keep User Configuration
Jika kita centang menu ini maka ketika router melakukan  reset configuration tidak akan menghapus konfigurasi yang telah di setting oleh user

2. Caps Mode
Menu ini digunakan ketika kita menggunakan Capsman untuk manajemen wireless kita

3. No Default Configuration
JIka kita pilih menu ini maka mikrotik akan reset total tanpa ada konfigurasi IP default mikrotik

4. Do Not Backup
Jika kita pilih Do Not Backup, maka mikrotik hanya akan melakukan reset tanpa melakukan backup sebelum proses reset di lakukan

5. Run After Reset
Disini kita bisa memilih apa yang harus dijalankan mikrotik setelah proses reset selesai. Jika kita memilih file backup, maka setelah proses reset selesai mikrotik akan melakukan restore ke file backup tersebut.

Demikian tutorial cara reset mikrotik, semoga bermanfaat yaa

Post a Comment

0 Comments