Cara Setting Transparent Web Proxy Mikrotik

Jika masih ada yang belum mengerti apa yang dimaksud dengan Web proxy, Mungkin bisa membaca artikel saya sebelunya Fungsi Web Proxy Mikrotik. Dalam kesempatan kali ini kita akan beralih membahas tentang bagaimana menjadikan mikrotik kita sebagai Transparent Web Proxy Server. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa transparent proxy adalah sebuah upaya untuk memaksa client melalui proxy server local yang telah kita tentukan alamatnya. Sehingga kita tidak perlu lagi melakukan setting satu demi satu pada browser client untuk melewati proxy kita.

Sebelunya kita akan menentukan terlebih dahulu port yang akan digunakan sebagai jalur dari web proxy kita yaitu 80, 8080, 3128. Sehingga dari cara diatas mikrotik akan membelokkan semua IP yang masuk dari interface ether2 untuk kemudian di redirect ke port 8080. Port 8080 merupakan port default web proxy mikrotik. Sehingga dengan ini juga kita sudah tidak perlu melakukan setting pada browser client satu persatu



Melalui metode NAT ini pula kita bisa memanfaatkannya untuk IP source yang berbeda-beda. Sehingga ketika memiliiki client dengan pembagian departemen yang berbeda. Kita bisa mengarahkan ke proxy yang telah disesuaikan dengan kebutuhan akses website pada masing-masing departemen. Kita akan mencoba untuk membuat proxy untuk departemen akunting yang akan kita arahkan ke port 8081. Kita bisa langsung copy dari nat sudah kita create tadi dan merubah to-port nya. Jangan lupa member comment proxy–akunting agar kita dapat mudah membedakan dengan NAT yang lain.
  
Untuk langkah selanjutnya yaitu setting Web Proxy block Website/File Download Dengan Web Proxy MikroTik.

Post a Comment

0 Comments