Cara Install Ubuntu 17.04 Server



Assalamualaikum warrahmatullohi wabarakatuh,

Pagi ini saya akan berbagi catatan bagaimana cara install Ubuntu Server 17.04. Seperti yang telah kita ketahui bahwa ubuntu telah merilis  produk terbarunya yaitu Ubuntu 17.04 (Zesty Zapus) baik server maupun versi dekstop. Teman-teman bisa lihat dan download file .iso nya pada link dibawah:

Ubuntu Dekstop 64-bit
Download Ubuntu Dekstop 64 bit

Ubuntu Dekstop 32-bit
Download Ubuntu Dekstop 32 bit

Ubuntu Server 64-bit
Download Ubuntu Server 64 bit

Ubuntu Server 32-bit
Download Ubuntu Server 32 bit

Disini saya akan mulai bagaimana cara install ubuntu server 32-bit, sebenarnya sama saja prosesnya baik 64 maupun 32 bit, saya memilih server karena memang lebih ringan, maklum komputer yang buat simulasi numpang komputer kerja.,hehehe

1. Siapkan CPU atau VM yang akan kita install ubuntu server
2. Pilih boot device dan sesuaikan dengan media installer yang akan digunakan
3. Setelah berhasil masuk ke media installer akan muncul jendela pemilihan bahasa yang digunakan untuk melakukan installasi


4. Lalu akan muncul jendela pilihan installasi

5. Kemudian akan muncul pilihan bahasa yang akan kita install ke system operasi, silahkan disesuaikan


6. Muncul jendela lokasi, silahkan sesuaikan dengan lokasi anda berada


7. kita bisa melakukan auto detected untuk memilih jenis keyboard yang digunakan


8. Saya memilih US untk layout keyboad  nya


9. Isikan hostname yang akan anda gunakan bisa dengan default "ubuntu" atau sesuai dengan kesukaan anda



10. Isihkan user name yang akan digunakan misal "irwan"



11.  Masukkan password yang akan digunakan, dan setelah itu lakukan konfirmasi sesuai dengan password yang telah anda setting



12.  Akan ada pilihan untuk encript data directory atau tidak, saya memilih "No"


13. Konfigurasi waktu jika sudah sesuai maka silahakan pilih "Yes"


14. Tibalah pada pemilihan partition hardisk, disini saya akan menggunakan cara paling gampang yaitu guided - use entire disk and set up LVM. tinggal kita ikuti aja sambil memastikan bahwa hardisk yang digunakan alah benar.


15. Kosongi jika tidak menggunakan proxy server yang terhubung dengan komputer kita


16. Memilih software yang akan di install, saya memilih standard system utilities, karena saya memilih yang paling sedikit dan cepat, yang lain bisa nyusul nanti setelah proses installasi OS ubuntu server


17. Melakukan install the grub boot loader pada hardisk.


18.  Installasi pun selesai.

Demikian langkah -langkah installasi Ubuntu server 17.04, semoga bermanfaat cukup sekian dulu untuk hari ini selanjutnya saya akan bagi catatan setting IP address pada ubuntu server.



Post a Comment

0 Comments